Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Peningkatan Hasil Belajar Taruna AAL

Authors

  • Khairun Khalid Akademi Angkatan Laut
  • Nur Aisyah Universitas Nurul Jadid
  • Asep Iwa Soemantri Akademi Angkatan Laut
  • Mangutu Wandiru Akademi Angkatan Laut

DOI:

https://doi.org/10.59447/saintek.v16i1.113

Keywords:

inkuiri terbimbing, hasil belajar, metode pembelajaran

Abstract

Guided inquiry is a learning approach in which the teacher provides broad guidance or instructions to students, and the teacher makes most of the planning. Students carry out a series of activities with the guidance of the teacher. Thus, it right ahead means that students are involved with scientific questions. They formulate hypotheses, experiments, data analysis interpretation, and results communication. This research aims to describe the teacher's ability to manage learning activity using the guided inquiry approach. Moreover, the results of the study showed that learning with a guided inquiry approach can improve the learning outcomes of cadets, especially for the subjects held in the laboratory (practicum).

Inkuiri terbimbing adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya, guru menyediakan bimbingan atau petunjuk cukup luas kepada siswa, serta sebagian besar perencanaannya dibuat oleh guru. Serangkaian kegiatan tersebut dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Dengan demikian secara langsung bahwa siswa terlibat dengan peristiwa dan pertanyaan ilmiah. Siswa merumuskan hipotesis, eksperimen, siswa menganalisa dan menginterpretasikan data, dan mengkomunikasikan hasilnya. Tujuan penulisan ini adalah mendiskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakaan pendekatan inkuiri terbimbing. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar taruna, khususnya pada mata kuliah yang dilaksanakan di labortorium (praktikum).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-15

Issue

Section

Article