Outbound sebagai Media Pembelajaran Soft Skill Kepemimpinan untuk Taruna

Authors

  • Koestantono Koestantono Akademi Angkatan Laut
  • Sonnie Rokhmawan Akademi Angkatan Laut
  • Maryono Maryono Akademi Angkatan Laut
  • Paniai Wijaya Akademi Angkatan Laut

DOI:

https://doi.org/10.59447/saintek.v16i2.136

Keywords:

pengalaman belajar, pengalaman konkret, observasi reflektif, outbond

Abstract

Outbound has been implemented in cadets’ education since Porsitar in 1999 until now as an alternative medium for leadership training. The activities that are still implementing outbound media are Leadership Training and Visits between Cadets. In its journey, outbound cadets are often criticized for having non-serious activities with an unclear purpose. The aim of this research is to describe outbound as a learning medium. With David Kolb’s Experiential Learning theoretical framework, it can be defined that outbound activities are a medium for leadership soft skills learning.

Outbound telah diterapkan dalam pendidikan taruna sejak Porsitar tahun 1999 sampai sekarang sebagai media alternatif latihan kepemimpinan. Kegiatan yang sampai saat ini masih menerapkan media outbound adalah Latihan Kepemimpinan (Latpim) dan Kunjungan antar Taruna (Kuntar). Dalam perjalanannya, outbound taruna sering dikritisi sebagai kegiatan yang sekedar main-main dan tidak jelas tujuan pembelajarannya. Tujuan tulisan ini adalah mendeskripsikan outbound sebagai media pembelajaran. Dengan kerangka teori Experiential Learning David Kolb bisa dideskripsikan bahwa kegiatan outbound merupakan media pembelajaran soft skill kepemimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Article