Kontribusi Berbagai Variabel Input Terhadap Kualitas Proses dan Output AAL
DOI:
https://doi.org/10.59447/saintek.v17i1.141Keywords:
variabel masukan; keluaran AAL; tes penentuan korpsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan mutu taruna, baik
dalam proses pembelajaran maupun mutu lulusan, sehingga AAL mampu menghasilkan lulusan yang
berkualitas dan siap pakai dalam dinas kedinasan. Penelitian dilakukan terhadap 90 taruna angkatan
61 dengan data hasil tes pada saat rekrutmen sebagai X1 dan data nilai tes pada saat seleksi korps
sebagai kualitas lulusan. Analisis penelitian menggunakan regresi, uji t, ANOVA dan SEM. Hasil
Penelitian: 1) Secara terpisah: a) terdapat pengaruh hasil akademik terhadap prestasi akademik
semester 1 dan 2. b) Tidak terdapat pengaruh tes kesehatan dan kebugaran jasmani terhadap
prestasi kebugaran jasmani semester 1 dan 2. c) Ada tidak ada pengaruh antara hasil psikotes
terhadap nilai kepribadian semester 1 dan 2. d) Terdapat pengaruh antara hasil akademik dan nilai
ujian korps semester 1 dan 2 terhadap hasil akademik semester 3. e) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara hasil akademik dengan nilai ujian korps semester 1 dan 2. 2 terhadap hasil akademik semester 3 sampai semester 8. f) Terdapat pengaruh tes kebugaran jasmani terhadap tes
kebugaran jasmani semester 3 sampai semester 8. g) Tidak ada pengaruh signifikan nilai ujian korps
terhadap nilai kepribadian semester 3 sampai semester 8. 2) Pengaruh kolektif : a) terdapat
pengaruh yang signifikan antara variabel masukan terhadap hasil proses belajar (akademik,
kesehatan jasmani dan kepribadian). b) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil proses
pembelajaran dengan mutu lulusan. c) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tes rekrutmen
dengan tes korps. d) Seluruh variabel mulai dari proses rekrutmen, tes korps dan proses
pembelajaran saling terintegrasi dan dapat mempengaruhi kualitas lulusan. 3) Menyajikan hasil uji
beda: a) Terdapat perbedaan proses pembelajaran yang signifikan antara taruna asal Pulau Jawa
dengan taruna luar Pulau Jawa. b) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam proses
pembelajaran antara taruna SMA Taruna Nusantara dengan SMA lainnya. c) Tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil proses pembelajaran dengan hasil tes penentuan korps.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saintek: Jurnal Sains Teknologi dan Profesi Akademi Angkatan Laut

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Setiap penulis yang mengirim artikel pada jurnal Saintek setuju untuk mengalihkan hak penerbitan pada Jurnal
seluruh artikel yang diterbitkan pada jurnal ini dilisensikan dibawah lisensi CC BY NC
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.